Wednesday 21 September 2016

BAGAIMANA MENGURUS DAN MERENCANAKAN AKAD WALIMAH DENGAN BUDGET 40anJUTA ?!

Hallo semuanya ! wah disini saya sudah jadi suami orang, ya iyalah masa suami monyet.

Disini saya ingin sharing, bukan niat riya, bukan ingin dipuji, tapi memberi semangat, karena saya tau apa yang dirasakan para capeng mencari tau, survei, mengurus ini itu, bagaimana ngadepin ini itu, dll. Jika kalian tidak suka dengan pribadi saya monggo langsung aja tutup kelar bacaanya sampai disini. Jika masih kepo juga ya gapapa, saya ga maksa, sumonggo................

Sudah hampir 3 minggu lewat dari hari pernikahanku.




Maklum, abis kerja langsung beberes rumah, masak, nyuci nyetrika, ini itu, nunggu bojo pulang jam 10 malem udah tepar.




Well, ternyata banyak yang penasaran sama budget dan bagaimana bisa mengatur dan mempersiapkan akad walimah sendiri?

Sebelumnya bagi yang belum tau keadaan latarbelakang saya, mari saya perjelas sedikit.
Siapa saya? Tukang gambar selain tukang ngeluh, kerja di Jakarta dan mendapatkan jodoh orang Jakarta, yang menikah di Cirebon. Hari kerja saya dari Senin sampai Sabtu. Pendapatan saya berkisar 3 juta an (tak usah tanya mengapa segitu, memang segitu adanya, ga percaya yawis, kecewa karo bose? Alhamdulillah ga, saya sarjana nrimo, apa aja nrimo, asal berkah dan nyaman).

Disini saya mengurus sendiri kenapa? Karena saya ga pengen ngerepotin orang, karena saya ingin kepuasan tersendiri, karena saya ingin tau kemampuan saya sampai mana, karena ayah tak mungkin membantu untuk urusan kaya gini (cari ini cari itu tanya ini tanya itu).

---------------------------------------------------------------------------------------------

Sekitar 10 bulan sebelum menikah, bojo telah memberitahukan bahwa hanya bisa memberi uang sebesar 20 juta rupiah, dengan catatan disini saya dan keluarga tidak meminta sepeserpun uang untuk pesta, karena dari awal niatnya hanya ingin di KUA, akan tetapi Ayahku minta untuk dipestakan. Jujur hal itu yang bikin mumet setengah mati.
Besok kalo anak saya nikah dapet mertua rewel pengen pesta megah, mending ga usah jadi nikah hahaha.

Disini saya berusaha menjelaskan beribu kali kalo saya ingin menikah sederhana, tidak seperti pernikahan orang lain. Agak egois dan keras kepala, tapi begitulah watak saya. Asalkan tidak merugikan pihak lain.


“Yah ini pernikah saya, duit-duit saya sama bojo, ijinin bikin pesta sesuai keinginan kita. Tidak ada adat, buang-buang waktu dan uang. Dan yang pasti nanti bakal super ribet, karena ini yang mikir, yang ngatur saya sendiri, ayah tinggal duduk manis aja. Masalah ayah punya teman banyak nanti belakangan”

Memang alot sekali diskusi saya ayahku, tau sendiri saya keras kepala, apalagi ayahnya.


Ya sekitar, setahun – 10 bulan sebelum menikah saya sudah survey sana sini (tetap posisi di jakarta), bagaimana dengan budget 40an bisa sudah mencakup biaya menikah sampai printilannya (tanpa berhutang) . Berhari-hari berminggu-minggu saya memeras otak untuk bikin plan a-z. Membuat rencana dengan mapping:

1.    Bagaimana kalau menikah di rumah menghabiskan berapa juta, berapa tamu, apa resikonya dll.
2.    Bagaimana kalau menikah di gedung menghabiskan berapa juta, berapa tamu, apa resikonya dll.
3.    Bagaimana kalau menikah di restoran menghabiskan berapa juta, berapa tamu, apa resikonya dll.


Dengan segala pertimbangan maka dipilihlah menikah di restoran kenapa?

Di rumah? Sempit karena rumah saya masuk-masuk gang, tidak ada lapangan, dan tidak mau mengadakan pesta pinggir jalan, karena itu mengganggu tetangga. Dan yang pasti repot.

Di gedung? Terlalu biasa, butuh banyak biaya dekor (dan dekorasinya pasti gaya yg itu itu aja) , harus pake penerima tamu, musik, wo dll. Sama repotnya.

Di restoran? Cari restoran yang interior kece, sudah membantu dekorasi, tinggal mikir berapa buffe (makanan), sedikit dekor, praktis, adem, instagram-able, lebih kekeluargaan. Murah atau tidaknya bisa dinilai sendiri J

BANYAK YANG BILANG NIKAHNYA KEK ORANG CINA?!! BODOO AMAT !

Nikah, yang penting sah?? Eitss yang bener itu sesuai rukun nikah dan adab nikah (silahkan cari tau sendiri, apalagi bagi para calon penganten )

Jika kalian sudah tau konsep pernikahan kalian seperti apa, berapa budget dan tempat pelaksanaan yang akan kalian pilih seperti apa, sudah bisa menentukan berapa jumlah tamu undangan, maka segeralah mendesain kartu undangan sendiri.Lagi-lagi karena saya ingin sesuatu yang unik, bukan seperti nikahan orang biasanya. Saya puas dengan hasil karya saya.




Saya memesan undangan di daerah pasar pagi – mangga dua, konsep undangan saya seperti blank-note, dengan harga 10rb, saya memesan 200 pc, jadi tidak ada souvenir lagi, kenapa? Karena saya tidak memakai penerima tamu.

Kenapa tidak memakai penerima tamu? Karena saya ga ada teman atau saudara lagi yang bisa diminta tolong, lagian pesta kecil, kalau diadakan saya tidak tega menyuruh mereka bengong-bengong diluar, kasian ga bisa nonton acara kita, mau nyemil makan aja susah ninggalin tugasnya. Elah tebir ! dan yang pasti mengirit pengeluaran karena tidak perlu dekor dan rias lagi J


Total pengeluaran untuk undangan 2.000.000



KETAKUTAN SI BOJO : MAKANAN KURANG !

Sebenernya bodo amat sih kurang, hahaha. Tapi tetap aja bojo rewel. Well, bisa jadi kelemahan dan kekurangan untuk pilihan makanan di restoran yang kami tempati, karena Cuma ada makanan western dan chinesse, so kita mix makanan. Di restoran ini ada beberapa range harga makanan per buffe tergantung menu yang dipilih, saya memilih range harga 75 per porsi, dengan menu:

Salad
Chicken soup
Dory asam manis
Ayam lada hitam
Nasi
Mie goreng
Pancake
Icecream
Buah potong
Ice lemon tea

Saya pesan sebanyak 200 porsi dan itu lebih banyak, sisanya aku kasih ke teman ayah dan tukang becak. Total buffe 15jt, kena pajak 15% menjadi  17.250.000

Makanan lainnya saya membawa tahu gejrot dari pasar kanoman depan sinta manisan, satu gerobak 600rb.

Empal gentong & empal asem depan rumah saya yang rasanya ga ada yang ngalahin 250 porsi (150 empal gentong & 100 empal asem) per porsi 10rb. Jadi 2.500rb.




Pesan 100 pie buah 100 puding mangga dan 50 nasi liwet untuk sarapan di rumah dan hotel bojo, sejumlah 1.750rb.

Minuman mineral VIT cup / gelas 4 dus sejumlah 100rb untuk ditempatkan di restoran.


Total semua pengeluaran makanan sejumlah 22.200.000




Tempat restoran gitu ada syarat dan ketentuannya ga?
Ada dong, dikasih jatah 3 jam untuk acara, kalau nambah satu jamnya 500rb, untuk biaya listrik 1jt, untuk biaya pondok, per pondok 1.5, saya minta 3 pondok, dan itu akhirnya terpakai Cuma dua hahaha. Diposisikan di bagian outdoor, jadi keren deh. Empal gentong dan tahu gejrot bisa dinikmati di teras samping, bapak bapak bisa sambil merokok.


Total pengeluaran untuk restoran 5jt



Rias dan busana? Saya jujur pusing, jadi pakai jasa teman esde saya aja hahaha, 3 juta untuk rias pengantin dan orang tua – besan saja.


Total pengeluaran untuk riasan 3jt



Photo dan MC
Untuk photo saya tidak ingin muluk-muluk, Cuma ingin soft file biar bisa langsung di-upload, kalo dicetak bisa sendiri saja nanti. Kalo dicetak biasanya pun harus menunggu 2 bulan atau lebih, karena posisi saya tidak bisa di Cirebon lama-lama jadi saya ambil praktisnya. Untuk MC pun standar penyiar radio. Yang penting ada pembawa acara haha
Untuk photo pengeluarannya 1.5jt untuk MC 1 jt. Tapi saya ga jamin, kalau ada yang nanya kemudian hari, harga bisa berbeda ya bapak  bapak ibuk ibuk. Hehehe..


Total photo dan MC jadi 2.5jt



 Dekor? Untuk dekor saya memilih yang sudah biasa mendekor di tempat restoran tersebut, agar mudah koordinasinya dengan pihak manager restoran. Saya memilih tema rustic romantic, saya utarakan keinginan saya, sketsa saya, atau beberapa gambar dari pinterest. Dan hasilnya saya super sukaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa syekali. Ownernya ternyata kaka kelas SMA saya. Sekali lagi jangan terlalu berharap dapet harga yang sama ya, biasanya udah naik. Karena mungkin saja saya klien pertama  untuk wedding-nya. Hahaha.. tapi tergantung tempat dan detail dekornya juga sih.


Total dekor 7jt



---------------------------------------------------------------------------------------------

Mari kita total semuanya:
Undangan                                            2.000.000
Makanan                                           22.200.000
Restoran                                              5.000.000
Photo & MC                                       2.500.000
Rias                                                     3.000.000
Dekor                                                  7.000.000
Bayar Pak RT urus KUA                    1.200.000
Mahar                                                      20.000
Hotel keluarga bojo 5 kamar              1.500.000
Biaya JNE kirim undangan                   300.000 +
TOTAL                                            44.420.000

Ya sekitar segituan kira-kira, semoga ada gambaran jelas bagi yang sedang mempersiapkan pesta pernikahannya, tetap semangat, jangan khawatir rejeki, kalau niatnya lurus pasti Allah ngasih rejeki darimana saja, dan jangan ada niatan ngutang ya ! MALU ! GENGSI ! kalau memang mampunya segitu ya segitu saja. Jadilah apa adanya.

Untuk susunan acaraku bisa di-download disini: rundown acara

Untuk yang ingin tau siapa saja vendor yang saya pakai jasanya, atau ingin melihat hasil dekoran dan suasana pernikahannya bisa dilihat di instagram saya @tikameira  :D
Ditiap foto ada keterangannya bisa langsung kontak dengan mereka (vendornya) ya!

Jika masih ada materi yang kurang mohon diingatkan, jika masih ada yang penasaran atau kurang jelas bisa inbox / dm / kontak langsung ke FB atau Instagram ya!


Terima kasih semuanya yang sudah sempat membaca sampai akhir :kiss:



Have a nice day <3

2 comments:

  1. naahh ini tipe klien seru.
    tapi msh bnyk yg heran sih kalo foto nikahan ga pk album.

    hhhmm...gitu deh yak. hehe

    btw, congratz ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. klien aneh kali yaa,,banyak maunya sedikit budgetnya hahaha..
      iya selama saya msh bisa edit sotosop trus cetak di fuji film sendiri kenapa ga, hahaha habis 500rb ctak sama pigura 10r beberapa, lalu dibagikan ke tiap sodara, kl buat sendiri mah di buat yg 3r aja murah, jarang dibuka malahan..karena udah beda jaman mereun yaa, skg apa apa instagram..

      maksih owmo semoga usaha photograph nya sukses

      Delete